Apa Itu Email, dan Apa Fungsinya Bagi Kita?

 

Email adalah singkatan dari Electronic Mail atau dalam bahasa Indonesia berarti Surat Elektronik. Surat elektronik adalah cara untuk mengirimkan pesan atau file dalam format data elektronik dari satu komputer ke komputer lainnya.

Isi email ini bisa berupa Teks, Video, gambar, dan Suara yang dikirim dari satu alamat email ke alamat lainnya dalam jaringan internet. Alamat email biasanya memiliki format nama pengguna dan domain yang dipisahkan oleh tanda @, Misalnya diana@gmail.com.

SEJARAH EMAIL

Email ditemukan oleh insinyur bernama Raymon Samuel Tomlinson pada tahun 1971. Pria yang lahir di New Amsterdam, New York, Amerika Serikat pada tahun 1941 ini adalah pencetus penggunaan email melalui jaringan internet. Sejarah email tidak lepas dari perkembangan teknologi militer. Pada awalnya hanya berupa embrio teknologi telah dikembangkan sejak tahun 1970. Teknologi ini sebenarnya tidak sepenuhnya baru, email sudah ditemukan pada era 1960-an, namun internet belum ada.

Dengan itu Tomlinson berpikir untuk menggabungkan program SNDMSG dan CPYNET bersamaan supaya dapat mengirimkan pesan ke kotak pos elektronik lainnya dalam sebuah jaringan. Pikiran lain Tomlinson adalah bagaimana membedakan pesan yang diarahkan keluar jaringan dan pesan lain yang dialamatkan ke banyak pengguna di dalam jaringan itu sendiri. Akhirnya eksperimen Tomlinson ini berhasil, pada bulan Oktober 1971, ia berhasil mengirimkan satu pesan sederhana dari komputernya di komputer di sebelahnya yang hanya berjarak 1 meter. Sejarah email tercatat saat itu juga.

Tomlinson ternyata mempelajari tombol keyboard dan memilih simbol @ sebagai petunjuk alamat si pengguna email. Simbol @ ini mengidentifikasi penerima dan komputer atau jaringan yang mereka gunakan. Simbol @ ini dibaca “at” atau dalam bahasa Indonesia “di”. Tomlinson mengakui bahwa penemuan email itu dihasilakan hanya dari berpikir tak lebih 30-40 detik saja.

Ia bahkan tak ingat apa yang ia tulis pertama kali dalam email bersejarah tersebut, saat ditanyakan dalam sebuah wawancara dengan majalah Times di tahun 2008 lalu, namun ada beberapa sumber mengatakan bahwa pesan pertama itu adalah “QWERTYUIOP” yakni satu sekuen dari tombol huruf paling atas pada keyboard. Apapun itu, yang jelas pesan kecil itu adalah lompatan besar bagi umat manusia.

FUNGSI EMAIL


Keberadaan Email akan mempermudah seseorang saling berkomunikasi dalam waktu singkat walaupun dari ujung penjuru dunia. Pada dasarnya Email bisa di katakan sebagai Surat yang berbentuk data digital/ elektronik yang mampu untuk mengirimkan data ke ujung penjuru dunia dengan cepat melalui sebuah jaringan internet.

Dalam penggunaan Email sehari-hari, kita bisa mengirimkan data/ pesan berupa tulisan, video, gambar, serta suara kepada Keluarga, Teman atau Rekan Bisnis dengan sangat cepat asalkan si penerima mempunyai alamat email dan koneksi internet. Di dalam dunia maya email berfungsi untuk mendaftar di website-website jejaring sosial, membuat sebuah blog, melamar pekerjaan secara, berlangganan artikel serta menjalankan bisnis online.

EMAIL TERBAGI ATAS 3 TIPE JENIS LAYANANNYA

1. Email Berbasis WEB

Email berbasis WEB adalah layanan email yang diberikan oleh website-website penyedia layanan email, diantaranya Yahoo Mail, Gmail, Hotmail, dan lain-lain. Layanan email jenis ini biasanya diberikan secara gratis oleh website yang bersangkutan.

Kelebihan email berbasis WEB ini adalah dapat di cek dari mana saja, namun kekurangannya hanya bisa di baca dalam kondisi online sehingga membutuhkan koneksi ke internet. Perhatikan panduan membuat email di Gmail, Yahoo Mail, dan Hotmail.

2. Pop Mail

POP Mail adalah email yang diterima melaluii Internet Service Provider (ISP). Kelebihan POP Mail adalah email jenis ini bisa dibaca dalam kondisi offline (tidak terhubung ke internet). Untuk mengecek email dapat dilakukan dengan cara menghubungkan komputer ke internet (Connect), kemudian mendownload email-email tersebut dan kemudian memutuskan hubungan dengan internet (Disconnect), Setelah itu email tersebut dapat dibaca satu persatu.

Setelah email tersebut selesai dibuat balasannya, anda dapat terhubung lagi ke internet dan kemudian mengirimkan balasan email yang telah anda terima. Untuk melakukan hal di atas, anda harus mempunyai Program/Software Client seperti Eudora atau Microsoft Outlook Express, namun kekurangan dari POP Mail ini adalah anda tidak bisa membuka email dari sembarang tempat.

3. Email Forwarding

Email Forwarding adalah layanan email yang meneruskan email yang diterimanya ke alamat email anda yang lain. Email jenis ini bermanfaat bagi orang-orang yang suka ganti-ganti alamat email. Kelebihan email forwarding adalah anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya.

Selain itu, bila anda mengganti alamat email, anda tidak perlu memberi tahu alamat email yang baru, anda cukup memberikan alamat email forwardingnya. Kekurangan email jenis ini adalah karena hanya bersifat perantara dan harus meneruskan email yang diterima ke alamat yang lain, email tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke alamat email yang sesungguhnya
Load disqus comments

0 komentar