Cara Merawat Wajah sesuai Jenis Kulit

Melihat Mendengar | Wajah bersih dan bersinar yakni dambaan tiap orang. Merawat wajah pun perlu trik khusus menyesuaikan dengan kondisi kulit wajah yang berbeda tiap orang. Berikut beberapa cara merawat wajah sesuai jenis kulit.

Cara Merawat Wajah sesuai Jenis Kulit

Cara Merawat Wajah sesuai Jenis Kulit

Kulit berminyak

Ciri wajah dengan kulit berminyak dapat dikenali dari produksi minyak di wajah yang berlebih terutama di area T (dahi dan hidung). Langkah dasar untuk membersihkan kulit wajah berminyak yakni dengan memilih facial foam yang mengandung lemon atau jeruk nipis. Bersihkan wajah hanya ketika mandi , setelah memakai make-up , dan setelah bepergian.

Setelah itu , anda masih membutuhkan pelembab yang bersifat oil-free. Untuk mengakalinya , tissue , face paper , dan bedak tabur dapat menyamarkan minyak di wajah. Kelemahan wajah berminyak yaitu rentan terhadap munculnya abuh , make-up mudah luntur , dan kulit terlihat kusam. Namun , wajah berminyak memiliki kulit yang lebih elastic dan terlihat muda.

Kulit berjerawat

Hampir sama dengan kulit berminyak , kulit berjerawat timbul sebab kelebihan lemak dan kotoran yang lambat dibersihkan. Kotoran mampu timbul sebab udara dari luar maupun dari tangan yang kotor. Bersihkan wajah dengan facial foam yang mengandung lemon , jeruk nipis , atau tea-tree. Jangan pencet abuh , tunggulah abuh mengering dan angkat dengan tissue serta tangan yang steril. Setelah itu , segera basuh muka biar abuh tidak menyebar. Hindari makanan berlemak dan hindari poni atau hijab ketat biar kulit wajah tersirkulasi dan tidak membuatkan jerawat.

Kulit kering

Indikasi kulit kering dapat dirasakan dari rasa kaku dan tarikan kencang ketika menggerakkan wajah. Pemilik kulit kering cenderung memilliki kulit yang mengelupas terutama di area sekitar mulut. Pilih facial foam yang mengandung chamomile atau madu untuk melembabkannya. Selalu aplikasikan pelembab pada wajah dan hindari membersihkan wajah menggunakan air hangat. Untuk menjaga kelembaban , sangat disarankan mengkonsumsi air putih setidaknya 1.5 L sehari. Sayangnya , pemilik kulit kering terlihat tidak segar dan mudah memiliki keriput sebab kulit yang cenderung tidak elastic. Akan tetapi , make-up yang diaplikasikan akan lebih kekal melekat di wajah.

Kulit normal
Bersyukurlah bagi anda yang memiliki kulit normal alias tidak memiliki problem minyak , abuh , maupun kulit mnegelupas di wajah. Tapi anda harus tetap memperhatikan cara merawat kulit normal anda. Pilih facial foam berbahan dasar apel , green tea , dan stroberi untuk menjaga kesehatan kulit.

Cara membersihkan wajah untuk semua jenis kulit

Aplikasikan facial foam ke wajah dengan gerakan memutar ke arah luar dan bilas sampai bersih. Keringkan dengan handuk , jangan menggosokkannya tapi tekan handuk ke wajah. Hal ini bertujuan biar kulit wajah yang sensitive tetap lembut. Setelah itu , tepuk wajah dengan jari menyerupai gerakan piano untuk memperlancar pemikiran darah. Anda juga mampu menggunakan milk cleanser dan toner untuk hasil wajah bersih dan putih maksimal.

Perawatan rutin tiap ahad dan tiap bulan
Jangan lupa memasker wajah secara rutin 2 ahad sekali dan facial atau scrubbing untuk mengangkat sel kulit mati tiap sebulan sekali yang mampu dilakukan di klinik kecantikan. Selalu konsultasikan dengan dokter kulit secara rutin.
Load disqus comments

0 komentar