Manfaat Bawang Putih selain sebagai Bumbu Dapur

Melihat Mendengar | Hampir semua kuliner khas Indonesia menggunakan bawang putih sebagai bumbu utama. Aroma yang khas dan rasa yang sedap membuat bawang putih menjadi barang yang harus tersedia di dapur. Tak hanya sebagai bumbu makanan , bawang putih juga dapat digunakan sebagai obat herbal. Manfaat bawang putih dapat diambil dengan cara dioleskan , dikunyah , ditumbuk , serta dapat pula diperoleh dari embel-embel bawang putih yang dijual di apotik-apotik.

bawang putih

Manfaat bawang putih dengan olesan
Bawang putih memiliki tugas sebagai antibakteri sehingga berperan dalam mengobati banyak sekali problem kulit. Jerawat , kutil , panu , gatal , kemerahan , bintitan , sampai problem kebotakan pada rambut dapat diatasi oleh bawang putih. Caranya relative mudah , ambil bawang putih dan iris menyerong di ujungnya. Oleskan bawang putih sampai kulit terasa lembap oleh getahnya. Olesan tersebut akan pribadi bereaksi ditandai dengan rasa panas di permukaan kulit , namun jangan khawatir alasannya yaitu akan hilang dengan sendirinya. Setelah kering , oleskan lagi dengan membuat irisan baru.

Manfaat bawang putih yang dikunyah

Satu siung bawang putih yang dikunyah dapat menghambat penyakit yang biasanya menyerang di usia senja. Bawang putih dapat mengurangi kolesterol penyumbat susukan darah , meningkatkan produksi insulin bagi yang menderita diabetes , meningkatkan kekebalan badan alasannya yaitu mengandung antioksidan , mencegah kanker alasannya yaitu bawang putih membantu kinerja sel darah putih yang menghambat sel kanker , serta mencegah darah tinggi. Bawang putih yang dikunyah tentu memiliki khasiat yang lebih alasannya yaitu dalam proses pengunyahan , verbal mengaktifkan enzim yang dapat membantu proses pencernaan.

Manfaat bawang putih yang ditumbuk

Selain dioleskan , manfaat bawang putih dapat diperoleh dari hasil tumbukan untuk banyak sekali jenis luka dengan sifat antibakterinya. Cukup letakkan tumbukkan bawang putih di atas luka yang dibersihkan dan tutup dengan kain kasa. Selain itu , bawang putih yang ditumbuk dan kemudian dan direbus ke dalam kuliner menyerupai sop dapat mencegah badan dari penyakit khususnya radang tenggorokan , demam , dan meningkatkan kekebalan badan dengan sifatnya sebagai antibiotic alami. Selain itu , merendam episode anggota badan yang gatal alasannya yaitu jamur dengan air yang telah dicampur tumbukan bawang putih dapat mengangkat jamur secara tuntas.

Manfaat bawang putih dalam bentuk embel-embel
Saat ini telah dijual bebas embel-embel yang mengandung ekstrak bawang putih. Keuntungannya embel-embel ini terletak pada kepraktisannya dan juga tidak menyebabkan amis menyengat ketika dikonsumsi. Akan tetapi , mengkonsumsi embel-embel bawang putih tidak mampu sembarang alias harus di bawah petunjuk dokter. Lagipula , mengkonsumsi bawang putih secara alami yaitu cara yang terbaik.

Untuk menerima manfaat bawang putih secara maksimal terutama dalam kuliner , anda harus mengikuti cara masak yang tepat. Tumbuk atau iris bawang minimal 10 menit sebelum dimasak , hal ini dimaksudkan alasannya yaitu panas menyebabkan khasiat bawang putih berkurang dan biar enzim dalam bawang putih dapat dihasilkan melalu reaksinya dengan oksigen. Kaprikornus , pastikan selalu untuk mengupas dan mengiris atau menumbuknya terlebih dahulu sebelum anda mulai mengolah materi kuliner lainnya. Selain itu hindari membeli bawang putih yang telah dikupas maupun yang telah dihaluskan alasannya yaitu khasiatnya tidak akan sama dengan bawang ptuih yang masih segar.
Load disqus comments

0 komentar